rpp tahfidz


                              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                          Semester II ( Genap)


Nama Sekolah            : SDIT Al Hikmah.
Mata Pelajaran           : TAHFIDZ
Kelas/Semester          : VI  / II
Alokasi Waktu           : 8  x (2 x 35 menit).
Pertemuan                  :
Standar Kompetensi  : Membaca Al Qur’an, Menghafal Juz ‘Amma, Menulis Arab.
Kompetensi Dasar     : Membaca Al Qur’an dengan baik
                                     Muroja’ah Juz 30  dengan benar
                                     Menulis huruf arab
Indikator                    : Lancar membaca  Al Qur’an dengan baik dan benar.
                                     Lancar menghafal Juz 30  sesuai makhroj dan tajwidnya.
                                     Lancar menulis huruf arab dari Al Qur’an
I. Tujuan Pembelajaran:
    1. Siswa dapat membaca sendiri Al Qur’an  dengan baik sesuai kaidah Al Qur’an.
    2. Siswa mampu menghafal  Juz 30  dengan baik sesuai kaidah   makhroj dan tajwidnya.
    3. Siswa dapat menulis huruf arab sambung  dengan baik.
II. Materi Ajar:  Juz 30 
III. Metode Pembelajaran:
     1. Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan)
     2. Clasical
     3. Private/ perorangan
     4. Muroja’ah
     5. Pemberian tugas
     6. Hafalan
IV. Langkah- langkah Pembelajaran:
1. Kegitan Awal
    a. Mengucapkan salam
    b. Murojaah surat bersama-sama
    c. Siswa di bagi menjadi  kelompok-kelompok kecil.
2. Kegiatan Inti
   a. Siswa menulis Al Qur’an
   b. Kelompok pertama menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian,  mengulang-ulangi hafalanya hafalannya sendiri-sendiri. Kemudian, dilanjutkan kelompok berikutnya.
c. Siswa yang tidak sedang giliran menghafal membaca Al Qur’an bersama Guru Kelas, Wali Kelas
3. Kegiatan Akhir
   a. Guru mengajak siswa Muroja’ah Juz 30  bersama-sama                  
   b. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghafal dan Muroja’ah Juz 30  di rumah
V. Alat/ Bahan/ Sumber Mengajar:
   1. Alat/Bahan:
      a. White Board   dan    Spidol.
  2. Sumber Belajar:
     a. Al Qur’an       b. Juz ‘Amma dan Al Qur’an.
VI. Penilaian:
     1. Adab
     2. Kelancaran bacaan
     3. Tajwid
     4. Makhroj
     5. Kerapihan tulisan

                                                                          Pamulang,    Januari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Bidang Studi



Ma’ruf, S.Ag                                                       Nur Laila An Najwa     Triyono      Rijaluddin                          





















                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                          Semester 2 (dua) Genap
Nama Sekolah             : SDIT Al Hikmah.
Mata Pelajaran           : TAHFIDZ &
Kelas/Semester          : 1 / 2.
Alokasi Waktu            : 4 x (2 x 35 menit).
Pertemuan                  :
Standar Kompetensi : Membaca Al Qur’an, Menghafal Juz ‘Amma, Menulis Arab.
Kompetensi Dasar    : Membaca Al Qur’an dengan baik
                                       Menghafal surat Al Infithor  dengan benar
                                       Menulis huruf arab
Indikator                   : Lancar membaca  Al Qur’an dengan baik dan benar.
                                     Lancar membaca surat Al Infithor  sesuai makhroj dan tajwidnya.
                                     Lancar menulis huruf arab sambung di Al Qur’an 2
I. Tujuan Pembelajaran:
    1. Siswa dapat membaca sendiri Al Qur’an 2 dengan baik sesuai kaidah Al Qur’an.
    2. Siswa mampu menghafal surat  Al Infithor  dengan baik sesuai kaidah    makhroj dan tajwidnya.
    3. Siswa dapat menulis huruf arab sambung sederhana dengan baik.
II. Materi Ajar: Surat Al Infithor dan Al Qur’an
III. Metode Pembelajaran:
     1. Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan)
     2. Clasical
     3. Private/ perorangan
     4. Muroja’ah
     5. Pemberian tugas
     6. Hafalan
IV. Langkah- langkah Pembelajaran:
1. Kegitan Awal
    a. Mengucapkan salam
    b. Murojaah surat yang sudah di hafal bersama-sama
    c. Siswa di bagi menjadi  kelompok-kelompok kecil.
2. Kegiatan Inti
   a. Siswa menulis Al Qur’an
   b. Kelompok pertama menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian,    mengulang-ulangi hafalanya hafalanya sendiri-sendiri. Kemudian, dilanjutkan kelompok berikutnya.
  c. Siswa yang tidak sedang giliran menghafal membaca Al Qur’an 2 bersama Guru Kelas, Wali Kelas
3. Kegiatan Akhir
   a. Guru mengajak siswa membaca surat An Falaq  bersama-sama                   
   b. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghafal surat Al Infithor di rumah
V. Alat/ Bahan/ Sumber Mengajar:
   1. Alat/Bahan:
      a. White Board, b. Spidol.
  2. Sumber Belajar:
     a. Al Qur’an       b. Juz ‘Amma dan Al Qur’an.
VI. Penilaian:
     1. Adab
     2. Kelancaran bacaan
     3. Tajwid
     4. Makhroj
     5. Kerapihan tulisan

                                                                                   Pamulang,    Januari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                            Guru Bidang Studi



Ma’ruf, S.Ag                                                                                               Khusairi                    Fika

















                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                          Semester 2 (dua) Genap
Nama Sekolah             : SDIT Al Hikmah.
Mata Pelajaran           : TAHFIDZ &
Kelas/Semester          : 1 / 2.
Alokasi Waktu            : 4 x (2 x 35 menit).
Pertemuan                  :
Standar Kompetensi : Membaca Al Qur’an, Menghafal Juz ‘Amma, Menulis Arab.
Kompetensi Dasar    : Membaca Al Qur’an dengan baik
                                       Menghafal surat Al Infithor   dengan benar
                                       Menulis huruf arab
Indikator                   : Lancar membaca  Al Qur’an dengan baik dan benar.
                                     Lancar membaca surat Al Infithor  sesuai makhroj dan tajwidnya.
                                     Lancar menulis huruf arab sambung di Al Qur’an 2
I. Tujuan Pembelajaran:
    1. Siswa dapat membaca sendiri Al Qur’an 2 dengan baik sesuai kaidah Al Qur’an.
    2. Siswa mampu menghafal surat  Al Infithor dengan baik sesuai kaidah    makhroj dan tajwidnya.
    3. Siswa dapat menulis huruf arab sambung sederhana dengan baik.
II. Materi Ajar: Surat Al Infithor  dan Al Qur’an
III. Metode Pembelajaran:
     1. Demonstrasi ( memberikan contoh bacaan)
     2. Clasical
     3. Private/ perorangan
     4. Muroja’ah
     5. Pemberian tugas
     6. Hafalan
IV. Langkah- langkah Pembelajaran:
1. Kegitan Awal
    a. Mengucapkan salam
    b. Murojaah surat bersama-sama
    c. Siswa di bagi menjadi  kelompok-kelompok kecil.
2. Kegiatan Inti
   a. Siswa menulis Al Qur’an
   b. Kelompok pertama menghafal bersama setelah mendengar demonsrasi dari guru kemudian,    mengulang-ulangi hafalanya hafalanya sendiri-sendiri. Kemudian, dilanjutkan kelompok berikutnya.
  c. Siswa yang tidak sedang giliran menghafal membaca Al Qur’an 2 bersama Guru Kelas, Wali Kelas
3. Kegiatan Akhir
   a. Guru mengajak siswa membaca surat Al Infithor bersama-sama                  
   b. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghafal surat Al Infithor di rumah
V. Alat/ Bahan/ Sumber Mengajar:
   1. Alat/Bahan:
      a. White Board, b. Spidol.
  2. Sumber Belajar:
     a. Al Qur’an       b. Juz ‘Amma dan Al Qur’an.
VI. Penilaian:
     1. Adab
     2. Kelancaran bacaan
     3. Tajwid
     4. Makhroj
     5. Kerapihan tulisan

                                                                                   Pamulang,    Januari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                            Guru Bidang Studi



Ma’ruf, S.Ag                                                                                               Khusairi                    Fika




Komentar

Posting Komentar